Close Ads
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Advertisement


Penyebab Penularan HIV

Kesehatan  

dr Astri Handayani, Sp. PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS. Sari Asih Ciledug, Kota Tangerang. (RS Sari Asih Group/infotangerang.co.id)
Advertisement

KESEHATAN – Beberapa hari lalu viral berita terkait ratusan mahasiswa terjangkit virus HIV.

Human Immunodeficiency Virus (HIV) jika tidak terdeteksi dan ditangani dengan cepat dalam jangka panjang akan menyebabkan AIDS yang menyerang imunitas tubuh seseorang dengan kepanjangan (Acquired Immune Deficiency Syndrome).

AIDS menjadi salah satu penyakit yang mematikan, meski telah ada antivirus sebagai penanganan untuk memperlambat laju penyebaran virus dalam tubuh, dan diharapkan dapat meningkatkan harapan hidup penderita.

Namun hingga saat ini belum ada penanganan medis yang telah benar-benar menyembuhkan penyakitnya.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Sari Asih Ciledug, Kota Tangerang, dr Astri Handayani, Sp. PD, menyebutkan jika gejala AIDS bisa menimbulkan beberapa gejala yang sistemik, menjalar keseluruh tubuh, contohnya seperti demam, berkeringat di malam hari, kelenjar membengkak, merasa kedinginan, batuk, diare, mual dan muntah masalah kulit dan mulut disebabkan infeksi jamur, merasa lemah dan jangka panjang terjadi penurunan berat badan yang ekstrim.

Baca juga:  Sebanyak 1.500 Karyawan PT Chingluh Akan Di PHK

“Secara umum penderita AIDS itu memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk sehingga mereka mudah terserang infeksi oportunistik, yaitu infeksi yang disebabkan oleh organisme yang merusak sel-sel tubuh manifestasi yg sering muncul seperti diare kronik, pneumonia atau TB Paru dan toksoplasmosis otak,” jelas dr Astri Handayani.

Baca juga:  Saluran Air di Bawah Tol JORR II Meluap, Sejumlah Wilayah Terendam Banjir

“Jika seseorang dengan kekebalan tubuh yang baik tidak akan terlalu berpengaruh oleh gejala-gejala AIDS, dikarenakan virus HIV membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menginfeksi tubuh seseorang,” lanjutnya.

Penyebab Penularan HIV

Advertisement

Advertisement

Scroll to Continue With Content

Advertisement