Close Ads

Iklan - Scroll untuk membaca artikel ↓

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Advertisement


Pidato Puan Banjir Pujian, Pengamat: Manifesto Politik yang Berbobot

DKI Jakarta  

Ketua DPR-RI, Puan Maharani. (Foto: ist)
Advertisement

JAKARTA – Pidato Puan Maharani dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023 di Gedung Parlemen pada Selasa 16 Agustus 2022 menuai beragam pujian.

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul menilai, pidato Puan kali ini berbeda dengan pidato-pidato sebelumnya.

“Jika dibandingkan dengan pidato-pidato Puan sebelumnya, pidato saat ini yang paling bagus. Saya melihat ada karakter tegas,” kata Adib, Kamis (18/8/2022).

Adib mengatakan pidato Puan itu menyampaikan pesan secara lugas, penggunaan diksi yang baik, serta narasi yang tidak bertele-tele, sehingga audiens mampu menangkap pesan yang ingin disampaikan cucu Presiden Soekarno itu dengan mudah.

“Inilah karakter Puan yang selama ini belum terkomunikasikan ke publik. Dia memiliki kecerdasan dan ketegasan,” imbuhnya.

Baca juga:  Ganjar Masif Kampanye, Pengamat: Waspadai Penggunaan Dana BPO Gubernur

Bahkan Adib menyamakan pidato Puan tersebut dengan pidato-pidato Megawati Soekarno Putri, sang ibu Puan pada masa mudanya.

“Puan melalui pidatonya menyampaikan pesan bahwa pemimpin perempuan mampu bersikap tegas, hampir mirip dengan pidato Ibu Mega waktu muda,” kata Adib.

Pengamat Komunikasi Politik dari Telkom University Bandung, Catur Nugroho menilai, melalui pidatonya itu, Puan telah merepsentasikan diri sebagai seorang tokoh yang mampu menyampaikan ke publik persoalan dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.

“Pidato tersebut menjadi semacam manifesto politik Puan Maharani yang berbobot,” ujarnya.

Menurut Catur, pidato Puan tersebut menjadi pembuktian bahwa pandangan miring terhadap Puan selama ini terbantahkan.

Baca juga:  Siang Hari Kapolri Dipanggil Presiden, Sore Hari Dua Kapolda Dicopot

“Puan juga mampu menunjukkan visinya sebagai seorang pemimpin yang mampu memahami persoalan Bangsa Indonesia di masa kini dan masa yang akan datang,” tuturnya.

Tak hanya pengamat, pujian untuk Puan juga datang dari kalangan pengusaha salah satunya Peter Gonta.

“Orang boleh mengatakan apa saja tentang Puan Maharani, tetapi hari ini Puan Maharani menunjukkan kedewasaan dan auranya sebagai pemimpin. Yang suka boleh suka, tapi yang tidak suka harus jujur. Pidato, intonasi dan cara menyampaikan pesannya luar biasa,” tulis Catur seorang pria yang juga mantan Duta Besar RI untuk Polandia tersebut melalui akun media sosial Instagramnya.

(Rdk)

Advertisement

Scroll to Continue With Content

Advertisement