Close Ads
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Advertisement


Wisata Religi Bersejarah di Masjid Pintu Seribu

Masjid yang didirikan pada tahun 1972 oleh Syekh Al-Bakhir Mahdi itu terletak di Jalan Kampung Bayur, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Banten.

Hikmah  

Editor: Redaksi

Masjid Pintu Seribu. (Foto: tangkapan layar di Kanal Youtube Ayi Astaman)
Advertisement

BANTEN – Masjid Pintu Seribu yang berada di Provinsi Banten, merupakan salah satu objek destinasi wisata bersejarah dan juga religi.

Masjid yang didirikan pada tahun 1972 oleh Syekh Al-Bakhir Mahdi itu terletak di Jalan Kampung Bayur, Periuk Jaya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Banten.

Bukan tanpa sebab masjid yang memiliki nama asli Masjid Nurul Yaqin ini disebut sebagai Masjid Pintu Seribu, di dalam masjid tersebut terdapat lorong gelap dan banyak sekali pintu sehingga masjid itu disebut sebagai Masjid Pintu Seribu, walaupun tidak diketahui secara pasti jumlah pintu yang terdapat di dalam benar seribu atau hanya ungkapan saja.

Dilihat dari luar Masjid Pintu Seribu tampak seperti masjid tua biasa dengan cat yang sudah mulai pudar, walaupun tekstur bangunan terlihat tua tetapi bangunan itu terawat dengan sangat baik.

Baca juga:  Bamus Maskot Tangerang Lepas Jamaah Umroh Kloter Pertama

Di sana pengunjung akan dibawa ke sebuah ruangan oleh pengurus masjid melalui lorong yang cukup gelap, maka dari itu sebaiknya pengunjung tidak berpisah dari pengurus masjid agar tidak tersesat.

Sesampainya di ruangan, pengunjung akan dikumpulkan dan lampu dimatikan untuk menciptakan suasana layaknya berada di dalam kubur. Dalam keadaan gelap pengunjung akan diberikan wejangan oleh pengurus masjid.

“Selama beberapa menit kita di dalam Masjid Pintu Seribu yang kita rasakan adalah seakan-akan kita ada di alam kubur dengan suasana yang petang, tidak ada suara. Jadi mengingatkan bahwa selama hidup kita harus baik dan jujur,” ujar salah satu pengunjung dikutip infotangerang.co.id dari kanal Youtube Ayi Astaman, Rabu (8/2/2023).

Baca juga:  Majelis Taklim Azahrul Fikri Gelar Milad Pertama, Jalin Silaturahmi dengan Pengajian

Masjid Pintu Seribu terbuka 24 jam untuk umum. Anda dapat mengunjungi kapan saja, terlebih lagi untuk memasuki kawasan masjid tersebut pengunjung tidak dikenakan biaya sama sekali. Tersedia kotak amal Jika pengunjung ingin memberikan sumbangan secara sukarela.

(Rdk)

Advertisement

Advertisement

Scroll to Continue With Content

Advertisement