Close Ads
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
89 hari
Menuju Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024 - 2029

Advertisement


Perkumpulan Urang Banten Dorong Banten Jadi Lumbung Ketahanan Pangan Nasional

Banten, Kabupaten Lebak  

Advertisement

LEBAK BANTEN – Jajaran pengurus pusat Perkumpulan Urang Banten (PUB) dipimpin Sekretaris Umum (Sekum), Eden Gunawan, Wakil Ketua Umum (Waketum) Bidang Pertanian, Anton Apriyantono, Waketum Bidang Perbendaharaan, Muhammad Hasan Gaido, dan jajaran pengurus PUB lainnya, Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Lebak, Rahmat Yuniar, Kepala Desa Cimanyangray, Farid Ibnu Akhsin lakukan kunjungan ke lokasi lahan program Ketahanan Pangan Banten di Gunung Kencana, Lebak, Sabtu (04/7/2020).

Diketahui saat ini Banten telah memiliki 70.000 hektar lahan guna mendukung program Banten Lumbung Ketahanan Pangan Nasional, baik dalam pertanian maupun perkebunan, yang pada tahap awal pelaksanaannya akan segera digarap 1.000 hektar.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih karena sudah datang ke Cimanyangray, khususnya dari PUB yang mencintai Banten. Saya informasikan bahwa di sini ada 1.005 hektar Hutan Pangkuan Desa (HPD) dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Lestari yang belum produktif. Kami menyerahkan kepada PUB agar lahan tersebut bisa lebih produktif. Kami siap bekerjasama dengan PUB untuk mengelola lahan selama tidak merubah peruntukan lahan,” ujar Farid Ibnu Akhsin.

Baca juga:  Kronologi Ibu Yuli Meninggal Dunia Setelah Kelaparan Hanya minum Air Galon 2 Hari

“Program ketahanan pangan sangat penting karena ketahanan pangan nasioanal maupun internasional lagi menurun. Disamping itu saya menekankan bahwa PUB bukanlah perusahaan, melainkan adalah wadah penyambung kepentingan rakyat dengan pemerintah dalam menyejahterakan rakyat Banten. PUB bukan investor, tapi penghubung kepentingan pemerintah dengan investor. PUB hadir ke Cimanyangray dalam rangka melanjutkan program Pak Gubernur Banten tentang 1.000 hektar yang kurang produktif dan diubah menjadi lebih produktif,” ujar Eden Gunawan.

Dinas Pertanian Lebak yang turut hadir dengan pasukan lengkap dalam rangka mendukung program PUB terkait pertanianini. KehadiranPUB ini dinilai sebagai dukungan bagi Pemkab Lebak khususnya bagi peningkatan produksi pertanian.

Baca juga:  Polda Banten Distribusikan Zakat Penghasilan, Nilainya Ratusan Juta Rupiah

“Luas lahan darat di Lebak belum optimal, padahal potensinya luar biasa, ada gadung, manggis, jengkol, beras merah, dan lain-lain. Kami berkeinginan peningkatan produksi, karena petani masih pedati dan dapati, belum simpati. Kami siap mendukung program PUB,” ungkap Rahmat Yuniar.

Selain kebutuhan pada lahan, aspek penting lain yang mesti mendapatkan focus adalah tentang sumber daya manusia, yaitu petani-petani di Banten.

Advertisement

Advertisement

Scroll to Continue With Content

Advertisement