Close Ads

Iklan - Scroll untuk membaca artikel ↓

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
15 hari
Menuju Pelantikan Pengurus SMSI Kabupaten Tangerang

SEAPC-NET Sepakat Bangun Solidaritas Regional, ‘Akhiri Covid-19’

News  

Advertisement

NASIONAL – Southeast Asian Press Council Network (SEAPC-Net) laksanakan pertemuan virtual yang diikuti seluruh anggota, Rabu (06/05/2020). Dalam pertemuan tersebut, bahwa seluruh anggota sepakat untuk membangun solidaritas regional guna memperkuat dukungan terhadap upaya memerangi pandemi Covid-19.

Beberapa kesepakatan SEAPC-Net itu terwujud dalam enam poin, diantaranya sebagai berikut.

SEAPC-Net menghargai upaya Pemerintah Indonesia, Myanmar, Thailand, dan Timor Leste yang telah bekerja keras untuk menghadapi pandemi Covid-19 di negara masing-masing. Kami yakin dengan kekuasaan yang dimiliki pemerintahan ini dapat melanjutkan upaya menangani Covid-19 dan mengurangi dampak potensial khususnya di bidang sosial dan ekonomi.

SEAPC-Net sangat mengapresiasi semangat para petugas kesehatan dalam menjalankan tugas sucinya memerangi pandemi Covid-19.

SEAPC-Net menyampaikan terimakasih kepada semua unsur pers yang tetap melanjutkan peliputan dan pemberitaan perkembangan pandemi Covid-19, sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang diperlukan khususnya dalam membangun kesadaran bersama untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 dan melawan penyebaran disinformasi dan berita bohong (fake news).

Baca juga:  Danramil 08 Kronjo Imbau Masyarakat di Pasar Patuhi Prokes Dengan 3M

SEAPC-Net mengingatkan kepada redaksi media massa untuk selalu menaati prinsip-prinsip dasar kode etik jurnalistik serta tetap menjaga protokol kesehatan dan keselamatan pekerja media dalam memberitakan kasus-kasus Covid-19.

SEAPC-Net mengundang semua pemangku kepentingan untuk memperkuat solidaritas sosial dengan memperhatikan masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena adanya pembatasan sosial yang diberlakukan di beberapa wilayah. Kami yakin bahwa semangat relawan dan kerjasama merupakan kunci bagi kita untuk melalui masa pandemi ini lebih cepat. Kami yakin masyarakat harus bersatu dalam mencegah pandemic Covid-19, kalau tidak ingin situasi akan semakin memburuk.

Baca juga:  Dipinang Untuk Menjadi Wakil Walikota Tangsel, Raffi: Saya Siap

SEAPC-Net mendorong penguatan komunitas pers pada saat pandemi Covid-19 di kawasan ini, mengingat peran pers yang demikian penting dalam memberikan informasi kepada masyarakat untuk mempercepat pemulihan.

Pertemuan virtual SEAPC-Net ini dipimpin oleh Ketua SEAPC-Net Muhammad NUH yang juga Ketua Dewan Pers Indonesia.

Hadir pula dalam rapat virtual ini Ketua Dewan Pers Myanmar U Ohn Kyaing, Ketua Dewan Pers Timor Leste Virgilio da Silva Guterres, Ketua Dewan Pers Nasional Thailand Chavarong Limpattamapanee, Sekretaris Jenderal SEAPC-Net Asep Setiawan dan sejumlah Direktur SEAPC-Net diantaranya Agus Sudibyo dari Indonesia, Kyaw Swa Min dari Myanmar.

Turut hadir Anggota Dewan Pers Indonesia Hendry Ch Bangun, Ahmad Djauhar, Arif Zulkifli, Jamalul Insan, dan Hassanein Rais. (Red)

Advertisement
Scroll to Continue With Content

Iklan