Close Ads

Iklan - Scroll untuk membaca artikel ↓

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
15 hari
Menuju Pelantikan Pengurus SMSI Kabupaten Tangerang

Selayang Pandang SMSI di Rakernas Pertama 26 September 2020

Banten  

Rakernas pertama SMSI di Anyer 26-27 September 2020. (Foto: Istimewa)
Advertisement

SERANGSerikat Media Siber Indonesia disingkat SMSI didirikan di Banten pada tanggal 7 Maret 2017. Inisiator sekaligus pendiri SMSI adalah Firdaus yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum SMSI Pusat. Selain itu juga ada Atal S. Depari yang saat ini menjabat Ketua PWI Pusat.

Sebagai organisasi perusahaan pers terbesar di Indonesia, SMSI diketahui telah mengalami 3 kali pergantian kepemimpinan sejak pertama kali didirikan hingga digelarnya Kongres Pertama SMSI secara resmi pada Desember 2019.

Baca juga:  Empat Organisasi Pers Mengimbau Pemprov Banten Maksimalkan Peran Media

Diketahui, kepemimpinan awal organisasi SMSI ini dilakukan dengan sistem penunjukkan oleh para dewan pendiri secara bergiliran.

Pada tahun pertama, SMSI diketuai oleh Bapak Teguh Santosa, sedangkan pada tahun kedua SMSI dipimpin oleh Auri Jaya.

Pada saat itu berdasarkan hasil kongres pertama yang digelar secara demokratis di Jakarta, diketahui SMSI berhasil mengangkat Firdaus sebagai Ketua Umum Pusat periode 2019-2024.

SMSI berhasil didirikan berkat dukungan semua komponen masyarakat pers seluruh Indonesia, khususnya PWI seluruh Indonesia.

Baca juga:  Resmi Dilantik, SMSI Riau Siap Bermitra dengan Pemerintah

Setelah memiliki struktur organisasi lengkap di 34 provinsi dan hampir seluruh kabupaten dan kota di Indonesia, saat ini SMSI telah resmi menjadi anggota konstituen Dewan Pers, tertanggal 29 Mei 2020.

SMSI telah mendapatkan Surat Keputusan Dewan Pers tentang hasil verifikasi yang dinilai memenuhi ketentuan Standar Organisasi Perusahaan Pers. (Dhi/Red)

Advertisement
Scroll to Continue With Content

Iklan