Mendagri Tito Karnavian: Kesbangpol Perlu Diawaki SDM yang Andal

Penulis -

Senin, 7 Juni 2021 - 08:06 WIB

Mendagri Muhammad Tito Karnavian (dok. Puspen Kemendagri)

Mendagri Muhammad Tito Karnavian (dok. Puspen Kemendagri)

NASIONAL – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menekankan agar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) perlu diawaki oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal. Hal itu disampaikan Mendagri secara virtual dalam Kegiatan Peningkatan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kesbangpol dalam rangka cegah dini dan deteksi dini pada tahun anggaran 2021 di The Green Forest Resort, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (6/6/2021).

“Kesbangpol diharapkan diisi atau diawaki SDM yang memahami pikiran-pikiran dalam rangka untuk menjaga persatuan dan keutuhan bangsa. Kesbangpol juga diharapkan memiliki perencanaan yang mengeksekusi program-program, setelah itu mengevaluasinya,” katanya.

Selain itu, lanjut Mendagri, untuk mengantisipasi dan menyikapi timbulnya berbagai permasalahan yang terjadi di daerah, perlu adanya upaya dan langkah strategis dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Upaya tersebut berkaitan dengan tindakan deteksi dini (preemtif) dan cegah dini (preventif) atas berbagai potensi konflik yang ada.

Baca juga:  Keluarga Besar TNI, Purnawirawan Korem 071 Wijayakusuma Disuntik Vaksin Covid-19

“Kesbangpol diharapkan memiliki kemampuan mendeteksi, menginventarisasi potensi-potensi yang dapat mengganggu persatuan kesatuan bangsa yang dapat melunturkan wawasan kebangsaan, NKRI, Indonesia yang plural,” imbuhnya.

Tindakan itu, dikatakan Mendagri meliputi mengidentifikasi masalah, potensi konflik yang ada, serta identifikasi intoleransi yang dapat memecah bangsa. Selanjutnya, kata Mendagri, perlu pula melakukan langkah mencari solusi dan mengelola potensi tersebut agar tak menjadi peristiwa yang menimbulkan persoalan. Selain itu, langkah ini sebagai upaya menjaga situasi keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat (kamtramtibmas) daerah serta kerukunan nasional tetap terjaga.

Baca juga:  Pembuat Uang Palsu Pecahan Dolar Dibekuk Polisi Teluknaga

Melalui kegiatan yang digagas Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kemendagri bekerja sama dengan Pusat Pendidikan Intelijen Kepolisian Republik Indonesia itu, Mendagri juga mengungkapkan peran Kesbangpol sangat sentral dalam urusan pemerintahan umum. Urusan tersebut, kata Mendagri, esensinya untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, keutuhan NKRI, mengembangkan wawasan kebangsaan, serta menjaga bangsa yang plural di tengah keberagaman baik suku, bangsa, ras, dan agama.

“Untuk itu, upaya untuk memperkuat Kesbangpol terutama kualitas dan kuantitas SDM ini sangat penting, Kesbangpol perlu diawaki oleh personil yang cukup, dan personil yang berkualitas,” tandasnya. (Rud/Red)

Source: Puspen Kemendagri.

Share :

Baca Juga

Nasional

Kemendagri Sosialisasi Juknis SPBU Mini Hasil Kerja Sama dengan PT Pertamina

Nasional

Kemendagri Salurkan Bantuan untuk Korban Terdampak Banjir di Kalimantan Selatan

DKI Jakarta

Langgar Prokes, Satpol PP DKI Denda Habib Rizieq Rp 50 Juta

Nasional

Panglima TNI Beserta Kapolri Pimpin Rapat Penanganan Covid-19 di Jawa Timur

Nasional

Pilkada Serentak Relatif Aman, Mendagri Apresiasi Kerja Keras Semua Pihak

Nasional

Keluarga Besar TNI, Purnawirawan Korem 071 Wijayakusuma Disuntik Vaksin Covid-19

Nasional

Kementerian PUPR Gandeng PWI Gelar Konsolidasi Regional

Nasional

SMSI Becomes Constituents of the Press Council, Unites Cyber ​​Media Companies in the New Era