Angin Segar Pilkades Serentak 2021 Berharap Digelar Oktober

Penulis -

Kamis, 16 September 2021 - 12:25 WIB

Kepala Dinas PMPD, Dadan Gandana. (Diskominfo Kab. Tangerang)

Kepala Dinas PMPD, Dadan Gandana. (Diskominfo Kab. Tangerang)

KABUPATEN TANGERANG – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Tangerang sudah mulai memasuki tahap pelaksanaan pemungutan suara. Meskipun perhelatan Pilkades itu terus ditunda, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang memberikan angin segar berharap perhelatan Pilkades dapat digelar pada Oktober 2021.

Kepala Dinas PMPD, Dadan Gandana menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkades sudah ditentukan pada tanggal 4 Juli 2021, namun harus diundur karena harus mengikuti aturan Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa, juga harus melihat kondisi situasi pandemi di wilayah masing-masing.

“Pilkades serentak di 77 desa yang digelar pada tanggal 18 Juli ditunda kembali karena PPKM, kemudian pada tanggal 8 Agustus 2021 ditunda sesuai surat edaran dari Mendagri bernomor 141/4251/SJ tertanggal 9 Agustus 2021 perihal Penundaan Pelaksanaan Pilkades selama dua bulan ke depan,” kata Dadan Gandana kepada Diskominfo Kabupaten Tangerang, Kamis (9/9/2021) melansir dari laman resmi tangerangkab.go.id.

Kendati demikian, walau saat ini sudah berada pada zona kuning, namun ia berharap penyebaran Covid-19 bisa terus melandai. Dengan demikian diharapkan pada bulan Oktober bisa dilaksanakan Pilkades serentak di Kabupaten Tangerang dan dapat berjalan dengan adil dan berperilaku profesional, sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga:  Komisi IV DPRD Kunjungi Diskominfo Kabupaten Tangerang

Menurutnya, panitia Pilkades juga harus memahami regulasi atau aturan yang berlaku. Baik secara teknis maupun non teknis. “Insya Allah, jika semua dijalankan sesuai dengan aturan dan regulasi, semua akan aman,” tambahnya.

Baca juga:  Lafadz Allah di Telinga Bayi Gegerkan Warga Kota Tangerang

Selain harus memahami regulasi yang menjadi aturan main Pilkades, panitia juga harus intensif melakukan komunikasi dengan lembaga-lembaga di desa, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk diajak bersama-sama menyukseskan Pilkades secara jujur, adil, bersih dan bermartabat.

“Kita di Kabupaten Tangerang juga punya Panitia Pengawas (Panwas) tugas mereka untuk terus mengawasi semua tahapan penyelenggaraan Pilkades,” ujarnya.

“Ketika terjadi permasalahan sekecil apapun terkait Pilkades, Panwas akan memberikan arahan dan petunjuk, sehingga nantinya Pilkades dapat berlangsung sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tambahnya. (Rud/Red)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Siswa SMK Menaruh Harapan Dengan Adanya Pemberian Kuota Gratis

Kabupaten Tangerang

Kapolda Banten Meminta Maaf, Janji Tindak Tegas Oknum Polisi Banting Mahasiswa

Kabupaten Tangerang

Dalam Semalam Dua Rumah di Pekayon Tangerang Dibobol Maling

Kabupaten Tangerang

Suara Bising Dan Asap Pabrik Besi Dikeluhkan Warga Perumahan Grand Puri Asri

Banten Terkini

Golkar Beri Perhatian Masyarakat Terdampak Covid-19

Kabupaten Tangerang

Akibat Mandi di Sungai, Kelamin Bocah di Pagedangan Kemasukan Lintah

Kabupaten Tangerang

Polisi Bubarkan Seminar ECO Racing di Sepatan Tangerang

Kabupaten Tangerang

Dugaan Korupsi, Warga Desa Lebak Wangi Berunjuk Rasa