Close Ads
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
92 hari
Menuju Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024 - 2029

Advertisement


Awas! Kurang Cairan Bisa Akibatkan Batu Ginjal

Kesehatan  

Dokter Spesialis Urologi RS Sari Asih Ciputat, Tangerang Selatan, dr. Bagus Baskoro, SpU. (Dok. RS Sari Asih Group/infotangerang.co.id)
Advertisement

KESEHATAN – Orang dengan rentang usia 30 sampai 50 tahun diperkirakan pernah mengidap batu ginjal. Penyakit dengan istilah medis nefrolitiasis ini adalah terjadinya endapan materi padat dan keras menyerupai batu pada saluran kemih.

Seperti namanya, batu yang terbentuk dari hasil metabolisme garam dan mineral dalam darah ini dapat mengalami pengendapan pada ginjal jika produksinya berlebihan dibandingkan dengan yang dikeluarkan bersamaan dengan produksi urine.

Pengendapan yang terjadi dalam waktu lama menyebabkan terjadinya kristalisasi pada saluran kemih yang kemudian menjadi batu.

Baca juga:  dr Aswin Usman Ariffin: Jika Dibiarkan Batu Ginjal Bisa Sangat Berbahaya

Bagian kecil mungkin keluar melalui urine tanpa menyebabkan sakit, tapi endapan batu yang sudah terlalu besar akan sangat mengganggu karena bisa menimbulkan rasa nyeri kolik yang berat.

Dokter Spesialis Urologi RS Sari Asih Ciputat, Tangerang Selatan, dr. Bagus Baskoro, SpU, menyebutkan gaya hidup sehat seperti pengaturan pola makan yang seimbang, konsumsi cairan harian yang cukup serta olahraga secara rutin sangat diperlukan agar tidak terjadi endapan yang dapat menyebabkan terjadinya batu saluran kemih.

Baca juga:  Gejala Rabies dan Pengobatan

Related posts:

Advertisement

Advertisement

Scroll to Continue With Content

Advertisement