Close Ads
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Advertisement


Bingung Salurkan Hobi? Kini IndoHobi.id Hadir Ditengah Pandemi

Lifestyle  

Launching IndoHobi.id. (Foto: Istimewa)
Advertisement

LIFESTYLE – Pandemi Covid-19 mengakibatkan hampir seluruh aktifitas masyarakat berlangsung di rumah sejak April 2020 lalu. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan virus yang sangat berbahaya tersebut. Termasuk hobi yang biasanya tersalurkan dalam lingkup luas kini terbatas.

Penyaluran hobi menjadi aktifitas alternatif masyarakat dalam pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Walaupun berada di rumah, masyarakat diharapkan mampu menciptakan kegiatan positif. Hasilnya selama pandemi Covid-19, muncul banyak tren hobi baru yang digandrungi oleh masyarakat luas.

Diantaranya hobi yang saat ini sedang tren yakni berkebun, koleksi tanaman hias, budidaya ikan dan sebagainya yang bisa dilakukan di rumah. Untuk mempermudah penyaluran hobi tersebut, kini telah hadir aplikasi IndoHobi.id di tengah masyarakat

Founder & CEO startup lndoHobi.id Andy Hariyanto mengatakan setiap manusia memiliki naluri untuk mengembangkan hobi, dan lebih dari satu hobi yang cenderung digemari. Maka, kata Andy, tak heran jika hobi tanaman hias dan ikan cupang masuk ke dalam siklus tren hobi yang digemari masyarakat Indonesia. Sehingga prospek dunia hobi di Indonesia yang berkembang cukup pesat.

Baca juga:  Bank BUMN Syariah Merger, Saham BRIS Naik Melebihi 20%

”Sebelumnya kita sudah pernah menemui musim hobi tanaman anthurium, lalu berganti masuk ke musim batu cincin, lalu berubah lagi ke musim hobi sepeda, kemudian kembali lagi ke musim tanaman hias, ikan cupang, dan akan terus bergerak dinamis mengikuti perkembangan zaman,” ujar Andy kepada wartawan, Sabtu (03/10/2020).

Salah satu owner Galeri Tanam Teduh, Ready Febrian menuturkan jika hobi tanaman hias digandrungi oleh masyarakat, tentu akan berdampak terhadap psikologi masyarakat yang ingin tetap sehat dengan aktifitas positif di tengah wabah pandemi. Sebab, lanjut Ready, berkebun dan bercocok tanam pasti membutuhkan aktifitas fisik. Kemudian saat tanaman mulai tumbuh subur, ada efek visual yang diterima oleh seseorang secara tidak sadar yang membawa pada kondisi rileks dan pikiran tenang.

Baca juga:  Foto Prewedding Bertemakan 'Swag' Menggunakan Masker Tetap terlihat Keren

“Secara tidak langsung kegiatan ini bisa berpengaruh positif terhadap kesehatan mental,” ujar Ready Febrian owner yang membuka galeri tanaman di Taman Anggrek lndonesia Permai tersebut.

Advertisement

Advertisement

Scroll to Continue With Content

Advertisement