Close Ads
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
92 hari
Menuju Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024 - 2029

Advertisement


Ini Cara RSUD Kabupaten Tangerang Mengolah Limbah Medis di Tengah Pandemi Virus Corona

Kabupaten Tangerang  

Advertisement

KABUPATEN TANGERANG – Rumah Sakit Unit Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang memperketat untuk pengolahan limbah medis yang melonjak selama pandemi covid-19.

“Untuk penangangan limbah covid-19 ini kami tangani dengan prosedur yang ketat, misalnya harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai dengan protokol serta dengan kehati-hatian yang ekstra,” kata Wakil Direktur Pelayanan Penunjang Medis RSUD Kabupaten Tangerang dr. Endang Widyastari, Selasa (30/6/2020), melansir Kabar6.com

Endang mengatakan, RSUD Kabupaten Tangerang telah mengelola ratusan kilogram limbah untuk setiap harinya. Sistem pengolahannya telah dipisahkan antara padat, cair dan limbah covid-19.

Baca juga:  Proyek Saluran Air Dikerjakan Asal, Dewan Rispanel Angkat Bicara

Menurut dia, pengolahan limbah medis yang dilakukan pihak ketiga ditangani dengan prosedur ketat, terlebih dengan adanya limbah medis covid-19. Setiap dua hari sekali limbah yang tertampung ratusan kilogram diambil oleh pihak pengelola, jika melebihi ketentuan itu sampah akan disimpan ke dalam cold storage.

Untuk limbah diakui sempat mengalami lonjakan terutama di awal masa pandemi corona terjadi. Berdasarkan catatan pada bulan Maret 2020 terkumpul limbah covid-19 sekitar 900 kilogram, tertinggi di bulan April mencapai 2.903 kilogram dan untuk limbah lainnya sekitar 9.900 kilogram di bulan Maret. Pada Juni ini tercatat 6.200 kilogram limbah non covid, 2.000 kilogram limbah covid-19.

Baca juga:  Satu Warga Salembaran Jaya, Rapid Test Positif

Related posts:

Advertisement

Advertisement

Scroll to Continue With Content

Advertisement