Close Ads

Iklan - Scroll untuk membaca artikel ↓

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
15 hari
Menuju Pelantikan Pengurus SMSI Kabupaten Tangerang

Gerakan Jumat Berkah, Kabaharkam Polri Bersama Prima DMI: Mari Jaga Persatuan dan Kesatuan

DKI Jakarta  

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto bersama pengurus pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (Prima DMI) rutin melaksanakan kegiatan bertema Jumat Berkah. (dok. Prima DMI)
Advertisement

JAKARTA – Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto bersama pengurus pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (Prima DMI) rutin melaksanakan kegiatan bertema Jumat Berkah. Kegiatan ini berupa berbagi nasi kotak pada jamaah masjid selepas ibadah Jumat.

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan kegiatan sosial yang sifatnya positif harus terus dilaksanakan. “Selain berbagi, ini juga rangkaian untuk menjaga kamtibmas dan merawat serta menjaga persatuan dan kesatuan,” tutur Agus dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (01/01/2021).

Agus mengungkapkan, Kapolri Jenderal Idham Aziz telah memerintahkan jajarannya agar terus berbuat hal yang positif dan jangan menyakiti hati rakyat.

“Bapak Kapolri memerintahkan untuk selalu berbuat hal yang positif. Kita berbuat baik saja belum tentu masyarakat menerima baik, apalagi kalau kita berbuat tidak baik,” kata Agus meneruskan pesan Kapolri.

Kegiatan Jumat Berkah sudah berlangsung sejak menjabat Wakapolda Sumatera Utara hingga saat ini. Kegiatan ini menjadi lebih terorganisir dan massif dengan menggandeng PRIMA DMI sebagai mitra strategis dalam memetakan dan mendistribusikan paket ribuan nasi box secara simultan di beberapa Kota/Provinsi tersebut.

Agus juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk tidak termakan informasi hoax dan menyebarluaskannya. “Kalau ada informasi teliti dulu, baca dan jangan langsung disebarkan,” imbuhnya.

Baca juga:  Pak Erick Tohir Dirut Pertamina Layak Dicopot

Terkait pembubaran dan organisasi terlarang FPI, Agus memastikan Polri akan bertindak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. “Mari ikuti dan jalankan imbauan pemerintah dengan tetap menjaga ketertiban dan keamanan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP Prima DMI Ahmad Arafat Aminullah menyampaikan apresiasi karena mempercayakan kegiatan rutin Jumat Berkah ini kepada PRIMA DMI.

“PRIMA DMI, sebagai organisasi kepemudaan Islam yang relatif belia sekaligus merupakan anak kandung Dewan Masjid Indonesia (DMI) senantiasa ingin mengambil peran aktif dalam memecahkan berbagai masalah ataupun kebutuhan di tengah masyarakat. Dalam kondisi saat ini, semangat berbagi dan menebar kepedulian terhadap sesama harus terus kita pupuk, bina dan kembangkan. Kami senantiasa membuka kemitraan strategis dengan berbagai organisasi, komunitas maupun institusi dalam berkhidmat untuk ummat, bangsa dan negara. Kita mensupport Polri dalam upaya menjaga kamtibmas dan menjaga persatuan, kesatuan bangsa,” ucapnya.

Sebagai eksponen para aktivis islam yang tergabung dalam organisasi yang memayungi remaja masjid, PRIMA DMI akan konsisten merawat umat dari masjid ke masjid, termasuk fokus pada rangkaian kegiatan positif lainnya. Langkah berbagi nasi kotak dari masjid kepada jamaah salat jumat, mendapat respon yang positif dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) serta jamaahnya.

Sementara itu, Zamaksari selaku Humas DKM masjid Nurul Ilmi di kompleks perumahan Talaga Bestari menyampaikan bahwa kami sebagai jamaah maupun pengurus masjid ini sangat berbahagia dan menyampaikan jazakumullah khayran katsiiran atas atensi dan amal jariyah pak Kabaharkam Polri. Semoga kualitas dan kuantitas kegiatan ini bisa ditingkatkan dari waktu ke waktu demi kemaslahatan jamaah.

Baca juga:  Dukcapil Proaktif Ganti 100 Ribu Lebih KK Korban Banjir di Kalsel dan Gempa Sulbar

“Di tengah beragam tantangan dan ujian, Polri sebagai alat negara menunjukkan dirinya hadir bersama umat. Jumat Berkah maupun kegiatan berorientasi kepedulian sosial kemasyarakatan keummatan harus terus berlanjut. Momentum tahun baru 2021 yang baru kita masuki ini mestilah dimulai dengan kegiatan yang positif, produktif dan partisipatif semacam ini. Saya memandang gerakan ini mampu menjadi momen konsolidasi, rekonsiliasi maupun resolusi inter dan antar umat beragama. Dan saya mengajak institusi, ormas, dan komunitas lainnya untuk terus berbuat yang terbaik bagi kebaikan umat,” jelas Arafat.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dilaksanakan di lima provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Banten dan Sumut. Untuk di Jakarta salah satunya adalah masjid raya KH Hasyim Asyari, Jawa Barat di masjid agung Majalaya, Bogor di masjid jami’Ar Rahmah, Yogyakarta di masjid Al Ijtihad, Banten di masjid Baitul Muttaqin, dan Tangerang di masjid Nurul Ilmi. (Dhi/Red)

Advertisement
Scroll to Continue With Content

Iklan