Close Ads

Iklan - Scroll untuk membaca artikel ↓

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
15 hari
Menuju Pelantikan Pengurus SMSI Kabupaten Tangerang

Kepala Desa di Kabupaten Tangerang Dibekali Tata Cara Kelola Uang dengan Transparan dan Akuntabel

Kabupaten Tangerang  

Workhop Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk melakukan pembinaan dan juga pembekalan bagi semua penyelenggara pemerintah desa di Kabupaten Tangerang. (Diskominfo Kabupaten Tangerang/infotangerang.co.id)
Advertisement

KABUPATEN TANGERANG Pemkab Tangerang melakukan pembinaan dan pembekalan bagi semua penyelenggara pemerintah desa di Kabupaten Tangerang agar dapat mengelola keuangan lebih tertib, transparan, dan juga akuntabel.

Pembinaan tersebut dilakukan melalui Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa oleh Inspektorat Kabupaten Tangerang.

Kepala Desa diharapkan dapat memahami serta melakukan pengelolaan keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang sudah ditetapkan.

“Semoga dengan adanya kegiatan workshop ini dapat meningkatkan pengetahuan kepala desa terkait dengan keuangan desa. Khususnya pada pengelolaan dana desa, baik dari segi kebijakan penggunaan, mekanisme dan evaluasi penyaluran dana desa, serta pertanggungjawaban penggunaan dana desa,” ucap Inspektur Kabupaten Tangerang, Tini Wartini, Senin (29/8/2022).

Dia menyampaikan, kegiatan workhop ini juga merupakan sebagai bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk melakukan pembinaan dan juga pembekalan bagi semua penyelenggara pemerintah desa di Kabupaten Tangerang.

Baca juga:  Fraksi Gerindra Sabet 2 Penghargaan di Diskusi Publik Media Center Award 2022

Tujuannya, agar pemerintah desa dapat lebih tertib, transparan, dan juga akuntabel dalam pengelolaan keuangan dan pembangunan desa.

Selain itu, dalam workshop ini juga turut menghadirkan beberapa pemateri, seperti Marinus Gea (Anggota Komisi XI DPR RI), Mohammad Dody Fachrudin (Plt. Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Provinsi Banten), dan Arman Sahri Harahap (Direktur Pengawasan Akuntabilitas Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah BPKP).

“Ada beberapa point penting yang diberikan oleh masing-masing narasumber, dan ini harus dipahami oleh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Tangerang khususnya dalam melakukan pengelolaan keuangan desa. Salah satunya adalah terkait tata kelola keuangan melalui aplikasi sistem keuangan desa atau Siskeudes. Semoga dengan adanya kegiatan ini, pengguna aplikasi dapat memahami hal apa saja yang harus dilakukan dalam menggunakan aplikasi Siskeudes ini,” jelas Tini.

Baca juga:  UPTD SDA Wilayah 6 Lakukan Normalisasi Saluran Pembuangan di 3 Lokasi Berbeda

Sebagai informasi, kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tingkat Kabupaten Tangerang ini digelar secara hybrid (during dan laring). Kegiatan offline pada kegiatan ini berlokasi di Gedung Serba Guna, Puspemkab Tangerang.

Sebanyak 150 Kepala Desa hadir secara offline, dan 96 Kepala Desa hadir secara online/zoom meeting. Kegiatan ini juga dihadiri oleh para Camat yang ada di Kabupaten Tangerang.

(Rdk)

Advertisement
Scroll to Continue With Content

Iklan