Headline:
Permohonan Maaf Atas Down-Nya Website infotangerang.co.id Karena DDoS Attack
Advertisement - Scroll to continue with content

Milad ke-74 Kelurahan Babakan: Babakan Bangga

Bangga: Bersih, Anggun, dan Aman

Sambut hari jadi Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu ke 74. (Foto: Glend Karisoh/infotangerang.co.id)

TANGERANG SELATAN – Menyambut hari jadi Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu yang ke 74 yang dimulai pada tanggal 26-30 Juli 2022, milad ke 74 tahun ini mengusung tema Babakan Bangga (Bersih Anggun dan Aman).

Seperti diketahui Kelurahan Babakan lahir pada tahun 1948-2022.

Lurah Babakan Teten Haryanto mengatakan, dirinya menelusuri jejak kelahiran kelurahan hingga ke arsip nasional. Bahkan terbilang tidak mudah, memakan waktu beberapa pekan. Dan betul saja, tercatat dengan jelas Babakan ada di dokumen arsip nasional.

Bahkan jauh sebelum itu, pada masa Belanda sudah ada nama tersebut. Saat itu belum ada tatanan pemerintahan masih di bawah Belanda.

“Di usianya yang ke 74 tahun baru kali ini dirayakan. Memang butuh perjuangan untuk mengetahui sejarah kelahiran sampai harus menelusuri ke arsip nasional. Dengan mengetahui tahun kelahiran, maka saatnya kita rayakan sebagai wujud syukur kita sebagai masyarakat Babakan,” kata Teten kepada infotangerang.co.id, Jumat (22/7/2022).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari logo yang dibuat, lanjut Teten, tergambar jelas angka 74 tahun berlatar belakang pohon jengkol yang memiliki makna kemakmuran.

Babakan dalam sejarahnya cukup banyak pohon jengkol. Dan kebanggaan ini sudah tertanam oleh masyarakat secara turun temurun.

Baca juga:  Wali Kota Resmikan Kampung POT Sekaligus Berikan Penghargaan Pemenang 'Proklim'

Teten menuturkan, bersama para staf dan tokoh masyarakat, pihaknya ingin merangkul dan mengajak agar lebih mencintai daerahnya.

“Demikianlah alasan mengusung tema Bangga,” ujarnya.

Bersih mengandung makna dalam hal pelayanan supaya masyarakat bisa berkolaborasi dan bersinergi.

Sebab banyak isu soal pertanahan wilayah Babakan sebagai zona merah dan banyak sengketa tanah. Sehingga arti bersih diharapkan tidak ada pungli. Dan itu dapat dirasakan masyarakat jika pelayanan gratis.

“Sedangkan Anggun yang artinya lebih mencintai wilayah dan Aman, artinya bersama-sama menjaga keamanan wilayah secara keseluruhan agar tercipta wilayah yang kondusif,” imbuhnya.

“Sebagai perdana, perayaan dihelat dengan besar-besaran. Bahkan hadiah telah disediakan di Kantor Kelurahan Babakan, mulai dari hadiah terkecil hingga sepeda motor. Termasuk juga berbagai jenis sepeda, mulai dari sepeda anak-anak hingga sepeda gunung, kompor gas, televisi dan masih banyak hadiah lainnya,” lanjut Teten.

Dalam perhetalan ini bukan saja bagi-bagi hadiah, akan tetapi juga melibatkan sekitar 15 perusahaan untuk membuka job fair. Dengan harapan mereka bisa menampung warga Babakan menjadi karyawan.

“Kami di hari pertama Selasa 26 Juli dibuka dengan pemotongan pita pada pagi hari, kemudian palang pintu jalak 6 Kampung Curug, Bazar, Job Fair bekerja sama dengan PMI. Selain itu, kami juga buka loket pembayaran PBB, pembuatan BPJS, gerai BJB serta gerai Pos, perpanjangan SIM dan ada 15 UMKM Tangsel. Disini juga masyarakat bisa mengecek kesehatannya serta vaksin dan pembuatan KIA,” jelas Teten.

Baca juga:  Legalitas Perumahan Syariah Villa Manshurin Tidak Perlu Diragukan

Teten menjelaskan, masuk di hari kedua Rabu (27/7) bakal dimeriahkan dengan hadroh, rampak bedug, marawis, ambengan babarit serta santunan yatim dan dhuafa, door prize serta hadir ustadz kondang yakni Tile dan Ustadz Aldo yang akan digelar pada malam hari. Dan pada malamnya, ada tasyakuran serta doa bersama dengan mengundang 500 orang.

Selanjutnya pada hari ketiga Jumat (29/7) diadakan pawai obor menyambut 1 Muharram atau tahun baru Islam dengan melibatkan 250 anak-anak.

Sedangkan pada hari terakhir Sabtu (30/07) pagi, pelepasan jalan sehat dan hiburan serta doorprice dengan jalan sehat 9 RW dan 49 RT yang nantinya akan melibatkan 5000 orang.

“Untuk lokasi panggung ada dua titik, pertama di Paradise Dreamland untuk kegiatan bazzar UMKM, gerai pelayanan, star jalan sehat warga dan job fair. Sedangkan lokasi kedua di Jalan Baru TPU Barun Basar untuk kegiatan panggung utama, tabligh akbar, jalan sehat warga dan pesta rakyat,” tutur Lurah Babakan, Teten Haryanto.

(Gln/Red)

Penulis: Glend Karisoh