Close Ads
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
92 hari
Menuju Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024 - 2029

Advertisement


Muncul di Tanjung Kait, Inilah Fakta Menarik Hiu Paus atau Hiu Tutul

Kabupaten Tangerang  

Screenshot di video ikan tutul muncul di perairan laut Tanjung Kait. (dok.infotangerang.co.id)
Advertisement

KABUPATEN TANGERANG – Hiu tutul atau (whale shark) muncul di perairan Tanjung Kait, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Rabu (11/11/2020) pagi. Munculnya ikan hiu tersebut jadi fenomena menarik warga sekitar pesisir pantai.

Dilihat infotangerang.co.id di video nampak seekor ikan hiu tutul mengelilingi bagan atau bagang (suatu alat penangkapan ikan yang menggunakan jaring dan lampu) milik nelayan.

“Ya bener itu video ikan hiu di pinggir laut Tanjung Kait, baru ini lihat juga ikan segede itu,” kata Adi yang lokasi rumahnya tidak jauh dari laut Tanjung Kait.

Video berdurasi 25 detik tersebut viral di pesan singkat whatsapp. Belum diketahui apa penyebab ikan hiu tutul tersebut terdampar di perairan laut Tanjung Kait.

Baca juga:  Liga Pelajar Taekwondo Piala Bupati Tangerang 2023 Siap Digelar

Dari data yang dihimpun, nama sebenarnya ikan hiu yakni Hiu Paus atau Rhincod. Ikan hiu di mata manusia masih dianggap sebagai ikan ganas dan mengerikan. Akan tetapi, nyatanya tak selalu hiu itu ganas dan mengerikan. Contohnya seperti hiu paus yang makanan utamanya adalah ikan dan udang kecil, telur ikan serta hewan plankton lainnya.

Berikut fakta-fakta tentang ikan hiu:

  1. Hiu Paus adalah Ikan Terbesar

Ikan dengan nama ilmiah Rhincodon typus ini merupakan spesies ikan dan hiu terbesar di dunia. Mengutip Live Science, mereka memiliki panjang tubuh rata-rata 5,5 sampai 10 meter dan bisa tumbuh hingga sepanjang 12 meter. Berat mereka juga bisa mencapai lebih dari 18 ton. Ukurannya yang besar membuat pergerakan ikan ini cenderung lambat.

Baca juga:  5 Imbauan PDMPK di Wilayah Teritorial Koramil 09 Mauk
  1. Bukan Karnivora yang mencari makanan berukuran besar

Advertisement

Advertisement

Scroll to Continue With Content

Advertisement