RS Sari Asih Karawaci Semarakkan Hari PMI dengan Donor Darah

Penulis -

Selasa, 14 September 2021 - 14:00 WIB

Semarakkan hari PMI, RS Sari Asih Karawaci menggelar donor darah. (dok. RS Sari Asih Karawaci)

Semarakkan hari PMI, RS Sari Asih Karawaci menggelar donor darah. (dok. RS Sari Asih Karawaci)

KOTA TANGERANG – Donor darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat yang didapatkan sebenarnya tidak hanya pada penerima donor namun para pendonor juga dapat merasakannya.

Hanya saja masih banyak yang ragu bahkan takut untuk mendonorkan darahnya, terlebih saat pandemi. Padahal banyak sekali manfaat yang didapat dari donor darah.

Dalam rangka menyemarakkan hari Palang Merah Indonesia, Senin (13/9/2021) RS Sari Asih Karawaci menggelar aksi donor darah. Aksi donor darah yang didukung oleh PMI Kota Tangerang ini dilaksanakan selama dua hari, Senin 13 September hingga Selasa 14 September 2021.

Dalam kesempatan ini, PMI Kota Tangerang menargetkan 100 kantong darah dari para pendonor. Meski masih dalam kondisi pandemi, PMI Kota Tangerang dan RS Sari Asih Karawaci tidak kekurangan para pendonor.

Baca juga:  Pemadaman Listrik Bergilir di Kota Tangerang, Ini Jadwal dan Lokasinya

Manfaat yang didapat dari donor darah untuk kesehatan mengalahkan rasa takut terhadap pandemi. Para karyawan RS Sari Asih Karawaci dan juga masyarakat umum turut mengantri untuk daftar sebagai pendonor.

Aksi donor darah dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Setiap pendonor dilakukan screening terlebih dahulu oleh dokter. Jika syarat yang ditentukan telah terpenuhi, pendonor dipersilahkan untuk melakukan donor darah.

Petugas aksi donor darah RS Sari Asih Karawaci Nofa Hendrawati menyebutkan, antusiasme para karyawan dan masyarakat umum untuk melakukan donor darah cukup tinggi meski di tengah pandemi, hari pertama kegiatan sudah 65 pendonor yang mendaftarkan diri.

Baca juga:  Warga Periuk Ditemukan Tak Sadarkan Diri Setelah Memperbaiki Tangki Air

“Pendaftaran dilakukan melalui link yang kita berikan atau bisa langsung datang ke RS Sari Asih Karawaci. Untuk para pendonor yang mendaftar, kita lakukan screening secara lengkap dan tentu saja proses dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan ketat,” kata Nofa Hendrawati.

Kepala unit donor darah PMI Kota Tangerang, dr. David H Sidabutar, M Biomed, dalam diskusi yang disiarkan live Instagram @rsariasih memaparkan bahwa donor darah sangat penting karena sumber darah bagi manusia harus dari manusia itu sendiri. Menurutnya, belum ada sumber darah yang lain seperti darah sintetik.

“Darah mengandung oksigen yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh orang yang membutuhkannya,” jelas dr. David H. Sidabutar, M. Biomed. (Arf/Red)

Share :

Baca Juga

Kota Tangerang

Beredar Surat Dinas LH Digunakan untuk Melakukan Pungli, Ivan Yudhianto Angkat Bicara

Kota Tangerang

Warga Kecamatan Pinang Gelar Prosesi Akad Nikah Ditengah Pandemi Covid-19

Kota Tangerang

Kusam Tak Terurus, Walikota Tangerang Rencanakan Renovasi Stadion Benteng

Kota Tangerang

Tabrakan Beruntun Saat Pembagian Masker di Depan Polrestro Tangerang Kota

Hukum & Kriminal

Oknum Pungli “Uang Salaran” Kembali Berulah, Sebut Perwal Kota Tangerang

Kota Tangerang

Pandemi Covid-19, Kehamilan di Kota Tangerang Meningkat

Advertorial

Ribuan Pelajar Ikuti Vaksinasi di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang

Kota Tangerang

9 Jam Sijago Merah Melalap Pabrik Cat di Jatiuwung, Kepala UPT Damkar: Gudang Kimia Masih Berkobar