Headline:
Permohonan Maaf Atas Down-Nya Website infotangerang.co.id Karena DDoS Attack
Advertisement - Scroll to continue with content

Warga Kelurahan Babakan Tumpah Ruah “Ngebur Ikan” di Empang

Warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu tampak antusias dan tumpah ruah kedalam sebuah empang untuk mengikuti kegiatan nanggok atau ngebur ikan. (Dok. infotangerang.co.id)
Milad ke 74 Kelurahan Babakan Tangsel
Kelurahan Babakan

TANGERANG SELATAN – Warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Setu tampak antusias dan tumpah ruah kedalam sebuah empang untuk mengikuti kegiatan nanggok atau ngebur ikan yang digelar dalam rangkaian memeriahkan Milad ke 74 Kelurahan Babakan.

Tampak anak-anak dan orang dewasa langsung lompat kegirangan masuk ke dalam empang setelah puluhan kilogram ikan dilepaskan oleh Lurah Babakan beserta para stafnya kedalam sawah.

Bersatu, riang dan senangnya warga membuat acara menangkap ikan di empang semakin meriah.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Lurah Babakan Teten Haryanto didampingi Sekretaris Kelurahan Rine Regina, Ketua Karang Taruna Kecamatan Setu Sarnadih, staf kelurahan dan diikuti ratusan warga Kelurahan Babakan, Selasa. (2/8/2022).

Teten Haryanto mengatakan kegiatan ngebur ikan di empang ini merupakan salah satu rangkaian Milad Ke-74 tahun Kelurahan Babakan. Kegiatan ini juga didukung oleh Karang Taruna Kecamatan Setu dan Karang Taruna Kelurahan Babakan.

Baca juga:  Pengurus SMSI Kota Tangsel Resmi Dilantik

“Ya ngebur menangkap ikan di empang ini merupakan salah satu tradisi kita dan ini juga sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap Allah SWT karena kita masih diberikan kesehatan. Dan semoga bisa diberikan kemakmuran untuk Kelurahan Babakan dan sebagai tradisi yang perlu dan harus kita jaga,” ujar Teten kepada wartawan di lokasi kegiatan.

Teten menjelaskan dalam ngebur ikan di empang ini kami melepas sebanyak 100 kg ikan dan juga kita memberikan doorprize bagi warga yang mendapatkan ikan berwarna kuning dan langsung mendapatkan bonus Rp 50 ribu.

Di kesempatan yang sama, Ketua Karang Taruna Kelurahan Babakan Ahmad Firmasyah menuturkan, dirinya berharap kepada pemuda-pemudi Kelurahan Babakan bisa bersinergi membangun kelurahan yang lebih baik lagi.

Baca juga:  Partai Kebangkitan Bangsa Berbagi Kasih Dengan Para Ustadz

“Semoga di usia yang ke-74 tahun ini, kelurahan Babakan bisa menjadi lebih maju dan bisa memberikan pelayanan yang lebih terbaik kepada masyarakat Tangsel khususnya di Kelurahan Babakan. Kelurahan Babakan, Bangga, Bangga, Bangga,” ucap Firman dengan yel-yel taglinenya “Babakan Bangga.”

Ayub warga Kelurahan Babakan mengaku sangat senang dapat terlibat dengan tradisi nanggok empang ini. Dia dapat dengan bebas menangkap ikan sebanyak-banyaknya tanpa ada larangan.

“Gak peduli kotor dan basah-basahan, yang penting semangat untuk nangkap ikan sebanyak-banyaknya terus dibawa pulang untuk dimakan,” kata Ayub.

Ayub berharap agar tradisi seperti ini dapat terus tetap dijaga dan dilestarikan.

(Gln)