Close Ads
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
92 hari
Menuju Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024 - 2029

Advertisement


Indonesia Jadi Chairman ASEAN Smart Cities Network 2023, Ini Kata Dirjen Bina Adwil

DKI Jakarta  

Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal ZA. (Puspen Kemendagri/infotangerang.co.id)
Advertisement

JAKARTA – Indonesia akan menjabat sebagai Chairman ASEAN Smart Cities Network (ASCN) alias Jaringan Kota Cerdas ASEAN untuk tahun 2023.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selaku National Representative (NR) Indonesia dalam ASCN mengajak negara-negara dan kota-kota yang tergabung dalam ASCN untuk berkolaborasi dalam mewujudkan kota cerdas yang berkelanjutan.

Dengan demikian, diharapkan kota cerdas yang dicita-citakan itu akan dapat memenuhi kebutuhan warganya.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri Safrizal ZA mengatakan, inti pembangunan perkotaan cerdas di Indonesia tidak melulu berorientasi pada pemutakhiran teknologi dan digitalisasi.

Baca juga:  Kemendagri Berharap RPP Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Mampu Minimalisir Resistensi

Namun, yang paling penting adalah bagaimana fokus pengelolaan perkotaan diarahkan pada peningkatan kemampuan pemerintah untuk memahami persoalan masyarakat, serta memberikan solusi dan kemudahan.

“Pembangunan perkotaan cerdas juga tidak harus mencontoh daerah/negara lain, karena setiap wilayah mempunyai tantangan dan karakteristik yang berbeda. Pemanfaatan digitalisasi hanya bersifat sebagai pendukung saja untuk mempercepat langkah-langkah yang harus diambil oleh pemerintah, terutama menghadapi pandemi Covid-19,” kata Safrizal dalam sambutannya pada Persidangan Tahunan ke-5 ASCN, Selasa (30/8/2022) secara daring.

Baca juga:  Kemendagri Dorong Percepatan Belanja Bagi Daerah dengan Realisasi APBD Rendah Tahun 2022

Related posts:

Advertisement

Advertisement

Scroll to Continue With Content

Advertisement