KJK: Polri Harus Usut Tuntas Tewasnya Marsal Pimred Media Online Sumut

Penulis -

Minggu, 20 Juni 2021 - 15:51 WIB

Logo Komunitas Jurnalis Kompeten (KJK).

Logo Komunitas Jurnalis Kompeten (KJK).

KOTA TANGERANG Komunitas Jurnalis Kompeten (KJK) Tangerang, Provinsi Banten meminta kepada Polri untuk mengusut tuntas dan menindak tegas kasus tewasnya Mara Salem Harahap atau Marsal (42) Pimpinan Redaksi lassernewstoday.com salah satu media online di Sumatera Utara (Sumut).

Ketua KJK Agus M Romdoni menegaskan jajaran pengurus beserta anggota KJK dengan ini menyatakan sikap mengecam dan mengutuk keras atas tewasnya Marsal yang diduga tewas ditembak orang tak dikenal. Agus juga mengingatkan bahwa wartawan bekerja ada undang-undang terhadapnya.

“Kami mengecam dan mengutuk keras atas meninggalnya Marsal yang diduga karena dibunuh. Wartawan ada undang-undang yang menjamin perlindungan terhadap pers dan mendapat perlindungan hukum saat menjalankan profesinya sebagai seorang wartawan,” tutur Agus, Minggu (20/6/2021).

Baca Juga :  Miris! 3 Bocah Mencuri Ikan Cupang di Tangerang Terekam CCTV

“Tak hanya itu, kami juga meminta kepada Polri untuk mengusut tuntas dan menangkap pelaku yang telah membunuh Marsal,” sambungnya.

Berikut pernyataan sikap KJK:

  1. KJK mengecam keras diskriminasi dan kriminalisasi terhadap wartawan. Karena sudah jelas wartawan dalam menjalankan tugas dilindungi oleh undang-undang Pers nomor 40 tahun 1999.
  2. Meminta pihak kepolisian dari Polda Sumut, Polres Simalungun untuk segera bergerak cepat menangkap pelaku serta mengungkap motifnya atas terbunuhnya Marsal.
  3. Meminta semua elemen Pers seluruh Indonesia agar bisa bersatu demi mempertahankan kebebasan Pers yang bermartabat.
  4. Mengutuk keras segala bentuk apapun kekerasan terhadap wartawan. Karena setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum.
  5. Meminta kepada pemerintah, kepolisian untuk melindungi kerja wartawan dalam menjalankan tugas negara dalam memberikan informasi kepada publik, kepada rakyat Indonesia dan dunia.
    Salam Satu Pena, Komunitas Jurnalis Kompeten
    Minggu, 20 Juni 2021.

Diketahui, Marsal dikabarkan tewas ditembak di dalam mobil yang dikendarainya pada Sabtu (19/6/2021) sekitar pukul 02.00 WIB tak jauh dari kediamannya di Simalungun, Sumatera Utara. (Rud/Red)

Share :

Baca Juga

Kota Tangerang

Carut Marut Masalah Lahan, Uis: BPN Akan Naikan Harga Tanah

Kota Tangerang

Beredar Kabar Pasar Di Tangerang Akan Tutup, ini Faktanya

Kota Tangerang

Wapres Ma’ruf Amin: Pemerintah Pusat Siap Penuhi Kebutuhan Vaksin di Kota Tangerang

Hukum & Kriminal

Terungkap! Anak Wakil Walikota Tangerang Terjerat Kasus Narkoba

Kota Tangerang

DPRD Kota Tangerang Sahkan Tiga Rancangan Peraturan Daerah

Kota Tangerang

Buruknya Pelayanan Samsat Cikokol, Pengunjung Disuruh Gesek Kendaraan Sendiri

Kota Tangerang

PSBL Kota Tangerang, Keluar Masuk Wilayah RW Zona Merah Wajib Surat

Kota Tangerang

Warga Sakit Dengan Keluhan Umum, RS Sari Asih Cipondoh Solusinya