Close Ads
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
88 hari
Menuju Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024 - 2029

Advertisement


Kepala BSKDN Sampaikan Pesan Mendagri saat Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan RI 

News  

Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri, Eko Prasetyanto, memimpin upacara HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (Dok. Puspen Kemendagri/infotangerang.co.id)
Advertisement

NASIONAL – Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (17/8/2022).

Mengenakan pakaian adat suku Dayak Kalbar Eko membacakan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Amanat yang disampaikan ialah, Mendagri menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh instansi dan jajaran pemerintah daerah (Pemda) termasuk masyarakat yang telah melaksanakan tugas di seluruh wilayah perbatasan negara hingga pulau-pulau kecil terluar dan terpencil. Ucapan terima kasih itu disampaikannya atas dedikasi waktu, tenaga, dan pikiran pihak terkait dalam menjaga serta membangun wilayah perbatasan.

Baca juga:  Presiden Jokowi : Jangan Cuma Teriak-teriak, Nyali Melapor Harus Ada

Mendagri mengajak seluruh pihak agar memaknai HUT ke-77 Kemerdekaan RI sebagai momentum untuk menggelorakan semangat dan harapan. Hal ini sebagaimana tema yang diusung dalam HUT kemerdekaan tahun ini, yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Semangat ini perlu digelorakan terutama pasca-pandemi Covid-19.

Di sisi lain, Mendagri juga mengungkapkan berbagai persoalan di daerah perbatasan yang perlu mendapat perhatian. Hal ini misalnya belum terbangunnya efektivitas sistem logistik nasional untuk menyuplai kebutuhan hidup masyarakat perbatasan. Selain itu, belum meratanya lapangan pekerjaan dan kesempatan layanan pendidikan juga menjadi persoalan yang perlu ditangani. Tak hanya itu, pemulihan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan yang terdampak pandemi Covid-19 juga tetap perlu menjadi prioritas.

Baca juga:  Pemerintah Bangun Lapangan Bola Voli di Bitung

“Melalui momentum peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 RI ini, kita perlu memberdayakan potensi dan menggunakan produk dalam negeri, tingkatkan peran Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam perputaran kawasan perbatasan,” jelasnya.

Advertisement

Advertisement

Scroll to Continue With Content

Advertisement