Close Ads

Iklan - Scroll untuk membaca artikel ↓

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Advertisement


Satreskrim Polres Tangsel-Reskrim Polsek Pamulang Bekuk Pelaku Pembobol Rumsong

Polisi Menangkap Pelaku Spesialis Pembobol Rumah Kosong

Hukum & Kriminal  

Polres Tangerang Selatan menggelar konferensi pers ungkap kasus pencurian dan pemberatan. (Dok. infotangerang.co.id)
Advertisement

TANGERANG SELATAN – Tim gabungan satreskrim Polres Tangerang Selatan (Tangsel) dan reskrim Polsek Pamulang berhasil menangkap pelaku pembobol rumah kosong (rumsong).

Kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHP tersebut, sebelumnya terjadi pembobolan rumah kosong di 3 wilayah berbeda, yaitu pada hari Selasa 10 Mei 2022 terjadi pembobolan di Perumahan Bukit Pamulang Indah, lalu pada hari Selasa 17 Mei 2022 terjadi di Reni dan pada hari Senin 23 Mei 2022 Jalan H. Taip Perumahan Kemang Tangerang Selatan.

Kapolres Tangsel AKBP Sarly Sollu menjelaskan, modus operandi tersangka dengan cara membuka kunci gembok pagar, kemudian mencongkel pintu utama lalu menguras barang-barang yang ada di dalam rumah (rumah dalam keadaan kosong).

Setelah menerima laporan atas kejadian tersebut, unit reskrim Polsek Pamulang melakukan pengecekan ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara. Selanjutnya, polisi melakukan penyelidikan dan pemeriksaan para saksi dan alat bukti.

Baca juga:  Bupati Zaki: Penerangan Jalan Sering Mati Karena Komponen Dicuri

“Pada hari Rabu 25 Mei 2022 dilakukan penggeledahan di sebuah rumah kontrakan yang berada di Jalan Sirnagalih IV, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Depok. Polisi berhasil mengamankan satu orang pelaku atas nama AS (inisial),” ungkap Sarly, Senin (30/5/2022).

Dari penggeledahan di rumah kontrakan tersebut, ditemukan barang bukti berupa perhiasan kalung, gelang warna kuning, dan obeng besar.

“Berdasarkan petunjuk dari tersangka AS, dilakukan penggeledahan di rumah kontrakan tersangka BS (DPO) di daerah Krukut, Limo Depok. Tetapi yang bersangkutan sudah tidak ada di tempat dan dari dalam kontrakan BS ditemukan barang bukti berupa 1 unit senjata api rakitan, 2 (dua) buah linggis, STNK dan plat nomor sepeda motor Nomor Polisi B 6184 WKT, 2 buah jam tangan merk fossil dan beberapa jam tangan lainnya berbagai merek,” jelas Sarly.

Baca juga:  Kapolsek Pagedangan AKP Seala Syah Alam: Warga Bisa Titip Kendaraan di Polsek Saat Mudik Lebaran

Berdasarkan hasil pemeriksaan, lanjut Sarly, tersangka AS mengaku telah melakukan pencurian di rumah kosong di sekitar daerah Pamulang sebanyak 3 kali bersama dengan BS, R (DPO). Mereka menggunakan sepeda motor untuk mencari sasaran.

“Setelah mendapatkan sasaran, tersangka AS dan R yang bertugas membuka gembok dan mencongkel pintu, sedangkan BS yang mengawasi lingkungan sekitar. Setelah berhasil mendapatkan barang-barang hasil pencurian, selanjutnya barang hasil pencurian dijual kepada AAN (DPO) di daerah Pasar Senen Jakarta Pusat,” pungkasnya.

(Gln/Fan)

Advertisement

Scroll to Continue With Content

Advertisement