Close Ads

Iklan - Scroll untuk membaca artikel ↓

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
15 hari
Menuju Pelantikan Pengurus SMSI Kabupaten Tangerang

Atasi Wasir atau Ambeien Tanpa Operasi

Dokter Spesialis Bedah RS IMC Bintaro (RS Sari Asih Group), Kota Tangerang Selatan, dr. Johanes Berechmans P. Rumaratu, Sp.B menerangkan, kondisi umum terjadinya wasir adalah akibat peningkatan aliran darah vena di sekitar Anus.

Kesehatan  

Dok. RS Sari Asih Group/infotangerang.co.id)
Advertisement

KESEHATAN Wasir adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus dan rektum mengalami pembengkakan atau peradangan. Wasir atau yang dikenal penyakit Ambeien ini dapat terjadi baik di dalam maupun di luar anus.

Dokter Spesialis Bedah RS IMC Bintaro (RS Sari Asih Group), Kota Tangerang Selatan, dr. Johanes Berechmans P. Rumaratu, Sp.B menerangkan, kondisi umum terjadinya wasir adalah akibat peningkatan aliran darah vena di sekitar Anus.

Berikut ini beberapa kondisi penyebap wasir antara lain:

Konstipasi Berulang

Konstipasi atau kesulitan BAB biasanya disebabkan oleh kotoran atau feses yang keras, sehingga harus mengedan saat BAB. Hal ini menyebabkan tekanan pembuluh darah Vena di area anus meningkat.

Diare

Diare yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan iritasi dan memperberat kondisi wasir.

Kehamilan

Selama kehamilan juga dapat terjadi wasir karena adanya perubahan hormonal dan peningkatan tekanan pada rongga perut dan panggul , pada kondisi tersebut tekanan pembuluh darah vena area panggul dan sekitar anus akan meningkat.

Baca juga:  Mengatasi Hipoglikemia dengan Asupan Glukosa

Sering Duduk Dalam Waktu Lama

Gaya hidup yang melibatkan duduk dalam waktu lama, terutama di toilet, dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di area anus.

Faktor Genetik

Beberapa orang mungkin memiliki kecenderungan genetik untuk mengembangkan ambeien.

“Gejala umum ambeien atau wasir meliputi rasa gatal, nyeri, perdarahan saat buang air besar, dan adanya benjolan di area anus. Beberapa kasus ambeien atau wasir dapat memerlukan perawatan medis berupa tindakan invasif dari dokter bedah, sementara yang lain mungkin dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup, seperti peningkatan asupan serat, minum cukup air putih, dan olahraga teratur seperti jogging,” kata dr. Johanes.

Baca juga:  Launching Diabetacake, PT Bionic Natura Bersama RS St. Carolus Gelar Seminar Diabetes

Dalam beberapa kasus yang parah, penanganan wasir diperlukan teknik pembedahan. Namun seiring perkembangan ilmu dan teknologi kesehatan yang semakin maju, kini wasir sudah dapat ditangani lebih dini sebelum kondisi wasir menjadi lebih beratndengan Teknik Paran Injection Ligation for Ambeien (PILA).

“Paran Injection Ligation for Ambeien merupakan salah satu metode pengobatan tanpa pembedahan untuk ambeien atau wasir. Metode ini melibatkan penggunaan alat ligator untuk mengikat pembuluh darah wasir dan obat injeksi untuk menyusutkan pembuluh darah pada ambeien,” ungkapnya.

Teknik Paran Injection Ligation for Ambeien disebutkan dr. Johanes Berechmans P. Rumaratu, Sp.B sangat efektif dalam mengatasi wasir terutama yang tidak merespons baik terhadap perubahan gaya hidup atau pengobatan konservatif lainnya.

Follow Berita infotangerang.co.id di Google News

(Mad/Rdk)

Advertisement
Scroll to Continue With Content

Iklan