Close Ads
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Advertisement


Kemendikbud Ubah Masa Belajar Sekolah SMK Jadi Empat Tahun

News  

kegiatan belajar mengajar SMK (ist)
Advertisement

NASIONAL – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana mengubah lama pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sebelumnya tiga tahun kini menjadi empat tahun.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto mengatakan, penambahan waktu belajar merupakan inovasi yang nantinya akan setara dengan diploma 1 atau diploma 2

“Dalam waktu dekat, kami akan berinovasi dengan mengubah SMK menjadi empat tahun atau setara dengan diploma 1 atau diploma 2. Terutama untuk program studi tertentu,” ujar Wikan seperti dilansir kumparan, Kamis (11/6).

Baca juga:  Kapolresta Tangerang Cek Operasionalisasi Gugus Tugas Covid-19 di Kelurahan Mauk Timur

Ia menyebut dengan lamanya SMK jadi empat tahun, maka siswa memiliki cukup waktu untuk mendapatkan bekal sebelum terjun ke dunia usaha dan industri. Siswa SMK juga diwajibkan mengikuti program praktik kerja di industri. Kalau tidak ikut, maka belum bisa lulus.

Wikan menambahkan, kurikulum SMK juga harus disesuaikan dengan kebutuhan industri. Hal ini agar dapat membangun kemampuan teknis dan nonteknis. Sehingga bisa menjadi lulusan yang fleksibel dan mampu bekerja di berbagai industri.

Baca juga:  Iwan Fals Buat Lagu Sindir Pelaku Tindak Pidana Korupsi di Masa Pandemi

Related posts:

Advertisement

Advertisement

Scroll to Continue With Content

Advertisement