KOTA TANGERANG – Di usia ke 60 tahun Jasa Raharja tetap berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan khususnya kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan angkutan penumpang umum dan lalu lintas jalan, serta kepada para pemilik kendaraan bermotor dan alat angkutan penumpang umum.
Dalam menyongsong perayaan ulang tahun ke 60 Jasa Raharja telah melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain aksi sosial berupa pelaksanaan rapid test gratis ke kru angkutan penumpang umum dan masyarakat, serta aksi sosial ke panti asuhan.
Kepala Jasa Raharja Perwakilan Tangerang Darwin P. Sinaga, SE, M.Si mengatakan bahwa seluruh insan Jasa Raharja di wilayahnya walaupun masa pandemi Covid-19 tetap bersemangat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.
Jasa Raharja yang telah memasuki usia ke 60 tahun pada tanggal 1 Januari 2021, dengan tag line “BANGGA MELAYANI NEGERI”.
“Untuk tahun 2020, Jasa Raharja Perwakilan Tangerang telah menyerahkan dana santunan sebesar Rp 35.491.026.284,- atau terjadi penurunan sekitar 3 persen dibandingkan realisasi santunan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Khusus korban meninggal dunia dapat diselesaikan penyerahan santunannya rata-rata 1,51 hari,” jelas Darwin kepada infotangerang.co.id, Senin (04/01/2021).
Menurut Darwin, bahwa wilayah Tangerang Raya masih berada dalam zona yang mengkhawatirkan dalam penyebaran virus corona, dan hal ini juga berdampak mengurangi keinginan masyarakat bepergian baik menggunakan transportasi angkutan umum seperti bus, atau kereta api bahkan kendaraan pribadi mobil maupun sepeda motor.
“Kondisi ini juga berpengaruh terhadap menurunnya jumlah kasus kecelakaan lalu lintas, baik korban yang mengalami luka-luka maupun korban meninggal dunia, sehingga klaim santunan juga mengalami penurunan,” tutur Darwin.
Darwin mengimbau masyarakat pemilik kendaraan bermotor agar melaksanakan kewajibannya dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, SWDKLLJ dan STNK di Kantor Bersama Samsat terdekat serta para pemilik angkutan penumpang umum membayarkan iuran wajib atas penumpang yang diangkutnya.
“Saya imbau para pemilik kendaraan taat membayar pajak, karena dana tersebut akan dipergunakan untuk santunan kepada masyarakat yang menjadi korban kecelakaan angkutan penumpang umum dan lalu lintas jalan,” terangnya.
Dalam kesempatan ini, tak lupa Jasa Raharja menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan para stakeholder lainnya secara bersama-sama berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, antara lain Pihak Kepolisian, Bapenda, Dinas Perhubungan, BPTJ, BPJS, Dinas Kesehatan dan Pihak Rumah Sakit, Perusahaan Angkutan, Organda dan Perbankan serta media yang berperan dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.
Darwin berpesan kepada masyarakat apabila mengalami kecelakaan lalu lintas agar melaporkan kepada Pihak Kepolisian terdekat, guna pembuatan Laporan Kecelakaan untuk mempercepat proses penjaminan di rumah sakit maupun proses penyerahan santunan dari Jasa Raharja.
“Mudah-mudahan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas semakin meningkat guna meningkatkan keselamatan diri sendiri dan orang lain, dengan tertib berlalu lintas, patuhi rambu-rambu lalu lintas serta lengkapi surat-surat kendaraan, melaksanakan protokol kesehatan,” ujarnya.
“Dirgahayu Jasa Raharja ke 60 tahun “BANGGA MELAYANI NEGERI,” tutup Darwin. (Dhi/Red)