Close Ads
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
92 hari
Menuju Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024 - 2029

Advertisement


Kawat Gigi pada Anak Dapat Perbaiki Rahang dan Susunan Gigi

Kesehatan  

Editor: Redaksi

Spesialis Kedokteran Gigi Anak RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, drg. Nurulia Januarti, SpKGA. (RS Sari Asih Group/infotangerang.co.id)
Advertisement

KESEHATAN – Pada usia tertentu, gigi susu anak akan berganti menjadi gigi permanen. Pergantian gigi bisa berbeda-beda pada setiap anak. Hanya saja, tidak semua anak beruntung memiliki susunan gigi yang menawan.

Seiring pertumbuhan rahang anak, terkadang gigi anak tumbuh berjejal bertumpuk satu dengan yang lain. Tak ayal saat anak menyeringai, susunan gigi yang tak teratur bisa menurunkan kepercayaan dirinya.

Para orang tua yang menyadari hal tersebut kemudian berinisitaif untuk menggunakan kawat gigi agar gigi anak tercinta tampak lebih rapih. Akan tetapi, tidak setiap orang tua faham kapan waktu yang idel untuk menggunakan kawat gigi pada anak.

Baca juga:  Hadirkan 3 Qori Nasional, Polsek Serpong Luncurkan Program Haflah Quran

Ketidakpahaman ini bisa berakibat fatal, saat kawat gigi terpasang di waktu yang tidak tepat malah akan memperburuk susunan dan penampilan gigi anak. Alih-alih memperbaiki, tindakan yang kurang tepat malah berubah petaka.

Spesialis Kedokteran Gigi Anak RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, drg. Nurulia Januarti, SpKGA, menjelaskan penggunakan alat orthodonti bisa dilakukan saat usia anak mencapai usia 5 tahun dan itu pun berdasarkan pertimbangan kondisi si anak.

“Orang tua yang rajin melakukan pemeriksaan gigi anak mengetahui adanya gejala yang tidak normal pada pertumbuhan gigi dan rahang anak yang bisa mempengaruhi susunan gigi si anak. Dari situ akan diputuskan untuk menggunakan alat orthodonti atau perapih gigi,” ujar Nurulia.

Baca juga:  Pelantikan dan Pengukuhan Tonaas Se-Banten, Ketua DPW: Junjung Tinggi Norma Adat Istiadat dan Tegak Lurus untuk NKRI

Related posts:

Advertisement

Advertisement

Scroll to Continue With Content

Advertisement